Yuk Cari tahu Pentingnya Merawat Kebersihan AC

Yuk Cari tahu Pentingnya Merawat Kebersihan AC

Memiliki AC di rumah mampu memberikan suasana menjadi lebih sejuk dan nyaman. Namun sayangnya, banyak orang yang masih kurang memperhatikan perawatan AC. Padahal, AC yang rutin dibersihkan melalui jasa service AC BSD terpercaya adalah hal yang harus dilakukan. Lalu apakah alasan pentingnya merawat kebersihan AC? Berikut ulasannya.

Beberapa Alasan Penting Harus Merawat Kebersihan AC

1. Untuk Memastikan Udara Tetap Bersih

Bukan rahasia lagi bahwa menghirup udara bersih sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebaliknya apabila menghirup udara tercemar justru akan mengganggu kesehatan, terlebih lagi jika dibiarkan terlalu lama. AC sendiri merupakan alat elektronik yang membantu untuk menyaring partikel dan debu di udara, alhasil anda bisa merasakan udara bersih di dalam ruangan. 

Namun jika AC tidak dirawat dengan baik, maka dikhawatirkan kotoran serta debu yang menempel pada pipa evaporator membuat AC tidak bisa bekerja secara optimal dalam menyaring debu.  Hasilnya, tentu pengguna akan menghirup udara yang tidak bisa dipastikan kebersihannya.

2. Dapat Menghemat Pengeluaran Tagihan Listrik

Kemampuan kinerja AC sejatinya berpengaruh dalam konsumsi listrik. Jika AC dibiarkan terlalu lama dalam keadaan kotor dan tidak segera dilakukan pembersihan melalui jasa service AC BSD,  maka mesin yang berada di dalamnya pun harus bekerja lebih untuk menghasilkan udara dingin. Otomatis AC akan menggunakan listrik yang lebih banyak lagi.

Tentu saja hal ini sangat tidak diinginkan oleh anda bukan? Oleh karena itu, ada baiknya untuk menerapkan perawatan dan servis secara rutin untuk mengurangi energi yang diperlukan dalam penggunaan AC. Apabila anda sudah rutin melakukan perawatan, secara tidak langsung nantinya juga akan mengurangi tagihan listrik anda setiap bulannya. 

3. Agar AC Lebih Awet

Apabila alat elektronik satu ini dibersihkan secara rutin, relatif lebih awet dibandingkan pada AC yang tidak pernah dibersihkan. Mengapa? Sebab mesin tidak akan terlalu dibenahi dengan tumpukan debu yang mengendap di dalamnya. Di samping itu, performa AC juga menjadi lebih optimal dalam mengedarkan udara sejuk dalam ruangan. 

Perlu diketahui pula, bahwa dengan membersihkan AC secara rutin, anda bisa mengetahui beberapa tanda awal kerusakan sebelum kerusakan tersebut menjadi lebih parah. Pastinya hal ini bisa menghambat biaya perbaikan yang bisa saja lebih tinggi apabila penggunaannya tidak segera dilakukan oleh jasa service AC BSD pilihan anda. 

4. Hindari AC Mengalami Kebocoran

Mengalami kondisi AC yang bocor adalah hal paling menyebalkan yang kerap kali dialami oleh beberapa pengguna AC. Baik untuk dikamar tidur, ataupun beberapa ruangan penting lainnya yang sering digunakan bersantai. Namun tahukah anda, bahwa ternyata salah satu penyebab AC bocor bisa diakibatkan oleh banyaknya kotoran yang menempel pada pipa evaporator AC. 

Tidak hanya menghambat dan merusak, tapi kotoran tersebut bisa berubah menjadi lumut lalu kemudian terjatuh. Alhasil kotoran pun menutupi saluran pembuangan AC yang berperan penting dalam mesin tersebut. Pastinya kondisi ini akan sangat merugikan dan berpengaruh pada kinerja AC menjadi lebih buruk. 

Adapun beberapa ciri AC bocor yakni ruangan menjadi tidak dingin dan AC mengeluarkan udara yang tidak sejuk. Namun ciri yang paling mudah diketahui yakni anda harus membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa mendinginkan ruangan tersebut. Jika merasakan beberapa cirinya, maka tidak ada salahnya untuk mengandalkan layanan service berkala sekaligus cuci AC BSD.

Demikian ulasan singkat seputar pentingnya merawat kebersihan AC. Mulai dari mendapatkan udara yang bersih, dapat menghemat listrik, hingga menghindari AC mengalami kebocoran. Disarankan pula sebagai pengguna, ada baiknya untuk melakukan perawatan rutin AC berkisar 3 bulan sekali agar mendapatkan kondisi alat pendingin ruangan yang lebih optimal. 

0 komentar:

Posting Komentar