Yuk Intip 4 Cara Mudah Membuat Penyaring Air Sederhana Di Rumah

Yuk Intip 4 Cara Mudah Membuat Penyaring Air Sederhana Di Rumah

Penyaring air merupakan salah satu produk rumah tangga yang sangat baik untuk digunakan. Pasalnya produk ini berfungsi untuk menyaring bakteri yang terdapat dalam air, yang tentunya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Banyak jasa penyedia produk yang satu ini, salah satunya adalah filter air Balikpapan, meskipun begitu ternyata ada juga dapat membuatnya di rumah loh. Penasaran? Simak disini. 
 

Cara Mudah Membuat Penyaring Air Di Rumah

1. Menyiapkan Alat Dan Bahan

Untuk membuat suatu penyaringan air tentunya anda membutuhkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa bahan yang biasanya dibutuhkan untuk penyaringan air sederhana berasal dari bahan-bahan yang alami, oleh karena itu dijamin aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ada pun beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain, ijuk, pasir halus, kerikil, batu alam, sabut kelapa, serta arang dan batok kelapa. Yang aman setiap bahan tersebut tentunya memiliki kegunaannya masing-masing. Misalnya sabut kelapa, batu alam dan kerikil dapat memfilter kotoran-kotoran yang berukuran besar. Sedangkan ijuk dapat meminimalisir polutan dan aroma tidak sedap pada air.

2. Menyiapkan Wadah

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil penyaringan seperti filter air Balikpapan adalah menyiapkan sebuah wadah. Yang mana wadah tersebut dapat berfungsi untuk mengendapkan kotoran yang terdapat dalam air. Agar proses berjalan dengan sempurna dan aman maka sangat disarankan untuk meletakan batu-batu alam. 

Selain wadah pertama yang diletakkan batu alam, anda juga perlu membuat wadah kedua . Wadah kedua ini dapat berfungsi untuk menyaring air yang keluar dari wadah pertama, yang tadinya berfungsi untuk pengendapan. Untuk penyiapan kedua wadah ini diperlukan kehati-hatian agar mendapatkan hasil yang baik.

3. Memasukan Komposisi Bahan Yang Telah Tersedia

Langkah selanjutnya adalah memasukan bahan-bahan yang telah disediakan sebelumnya pada wadah kedua. Adapun urutan yang besar pada saat memasukan peralatan tersebut dari bawah adalah dimulai dari batu-batu kecil kurang lebih memiliki ketebalan 15 cm. kemudian dilanjutkan dengan lapisan kerikil 10 cm, lapisan arang dan tempurung kelapa kurang lebih 15 cm.

Urutan bahan selanjutnya setelah arang dan tempurung kelapa yaitu pasir halus setebal 20 cm, lapisan ijuk setebal 20 cm kemudian pasir halus lagi setebal 15 cm. dan bahan yang terakhir atau yang paling atas adalah lapisan ijuk kembali dengan ketebalan kurang lebih 15 cm. itulah beberapa urutan bahan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil seperti filter air Balikpapan. 

4. Melakukan Penyaringan Dengan Wada Ketiga

Setelah penyaringan pada wadah satu dan wadah dua telah berhasil, maka air yang keluar pada lapisan wadah tersebut disalurkan kembali pada wadah ketiga. Yang mana wadah ketiga berfungsi sebagai bak penampung air bersih yang sudah selesai dan disaring dengan baik. Wadah yang satu ini posisinya tepat di bawah wadah penyaringan.

Demikian beberapa cara mudah yang dapat dicoba di rumah, yang fungsinya tidak kalah dengan filter air yang canggih. Pada penggunaan pertama kali alat yang dibuat ini tidak akan menghasilkan air bersih karena memerlukan waktu untuk melarutkannya . Oleh karena itu anda harus menunggu beberapa menit untuk mendapatkan air bersih. 

0 komentar:

Posting Komentar