5 Ragam Kuliner Indramayu yang Sayang Jika Dilewatkan

5 Ragam Kuliner Indramayu yang Sayang Jika Dilewatkan

Indramayu menyimpan keindahan alam yang eksotis karena berada di perbatasan dengan Laut Jawa. Selain menyimpan keindahan alam yang eksotis, ternyata Kabupaten di Jawa Barat ini juga menyimpan kuliner beragam yang mampu memanjakan lidah.

Apabila Anda berkesempatan mengunjungi kota satu ini, jangan hanya mendatangi tempat wisatanya saja, tapi lewatkan waktu untuk mencicipi kuliner khasnya juga. Sebab, bukan hanya mangga, aneka kerupuk, dan terasi yang menjadi andalan kota ini, tapi juga ada ragam kuliner lainnya.

Ragam Kuliner Indramayu

Kala mengunjungi kota berjulukan kota Mangga ini Anda tidak boleh melewatkan kuliner-kuliner khasnya. Agar Anda tidak bingung memilih makanan mana yang ingin dinikmati, silakan simak 5 pilihan kuliner khas berikut:

1. Pindang Gombyang Manyung

Ikan Manyung merupakan ikan laut yang memiliki rasa khas. Pindang Gombyang Manyun ini dimasak seperti gulai dengan bumbu kunyit, jahe, bawang merah dan putih, lengkuas, kemiri, dan berbagai bahan lainnya sehingga memiliki cita rasa khas. Apalagi dengan tambahan belimbing wuluh, rasanya makin sedap.

Biasanya yang dimasak adalah bagian kepalanya dan Anda bisa memilih ukuran yang diinginkan. Untuk harga tergantung berat ikan atau kepala manyung yang Anda pilih.

2. Nasi Lengko

Masakan khas lainnya yang harus Anda jajal adalah nasi lengko. Kuliner satu ini merupakan menu sarapan khas. Nasi ditambahkan dengan berbagai sayuran rebus kemudian disiram kuah kacang merupakan ciri khas nasi lengko.

Satu porsi nasi lengko akan mengisi penuh perut Anda di pagi hari sehingga memiliki tenaga untuk menjelajah keindahan kota Mangga ini. Sayur yang biasanya ada dalam nasi lengko adalah mentimun, daun kucai, dan tauge, ditambah tahu dan tempe goreng. Agak mirip gado-gado atau pecel.

3. Karedok

Kuliner satu ini agak mirip dengan nasi lengko, tapi penyajiannya menggunakan lontong bukan nasi dan semua sayuran yang digunakan masih mentah. Anda akan menemukan mentimun, kol, kacang panjang, kemangi, tauge, terong, dan remucu (pisang kecil mentah) di dalam karedok.

Menggunakan bumbu berupa bawang merah dan putih, gula merah, cabai rawit, daun jeruk, terasi, dan kencur, membuat karedok memiliki rasa yang istimewa. Sangat cocok disantap pada siang hari.

4. Manisan Mangga

Sebagai kota penghasil mangga tentu banyak kuliner yang terbuat dari buah satu ini di kota pesisir Laut Jawa ini. Salah satunya adalah manisan mangga. Di Indonesia manisan mangga bukanlah kuliner baru, karena hampir semua wilayah memiliki manisan mangga. 

Namun, manisan mangga di kota satu ini dibuat agak berbeda dengan rasa pedas bukan manis seperti manisan pada umumnya. Manisan mangga ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga atau tetangga. Disimpan untuk diri sendiri pun boleh.

5. Nagasari

Kuliner lain yang patut Anda coba adalah nagasari. Kue basah satu ini memiliki rasa manis yang enak dilidah. Perpaduan tepung dan pisang yang dibungkus daun pisang dan dibentuk segi empat ini memiliki aroma wangi yang menggoda. 

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di penjual jajanan pasar dan harganya pun nyaman di kantong. Nagasari sangat cocok dijadikan camilan sore bersama segelas teh atau kopi hangat. 

Sebenarnya masih banyak ragam kuliner yang bisa dijajal, lima kuliner di atas hanya beberapa di antaranya. Jika Anda tertarik dengan kuliner maupun berita Indramayu Anda bisa mendapatkan informasinya dengan mudah di zaman canggih sekarang ini. Semoga beberapa makanan di atas bisa Anda cicipi ketika bertandang ke Indramayu.

0 komentar:

Posting Komentar