Tidak Boleh Dilewatkan Destinasi Wisata Solo yang Unik dan Anti Mainstream Ini

Tidak Boleh Dilewatkan Destinasi Wisata Solo yang Unik dan Anti Mainstream Ini
Sumber: https://travel.tribunnews.com/

Keraton, candi, kampung batik, air terjun, dan Pasar Klewer mungkin hal biasa jika berbicara tentang wisata Solo. Karena tempat-tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata paling populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Padahal Solo masih punya harta karun wisata lain. Dan tempat wisata tersebut terbilang unik dan anti mainstream. Wisata Solo ini akan memberi pengalaman berbeda dan mungkin Anda akan merasa seperti tidak berada di kota liwet tersebut. Tanpa berlama-lama, berikut wisata Solo yang unik yang tidak boleh dilewatkan. 

The Heritage Palace Solo

Sumber: https://pariwisatasolo.surakarta.go.id/
 
Di tengah Kota Solo yang kental akan budaya Jawanya ternyata ada bangunan berbentuk kastil Eropa yang cukup terkenal, The Heritage Place Solo. Tempat ini sebelumnya difungsikan sebagai Pabrik Gula Gembongan. Di sini Anda akan disuguhkan berbagai spot foto cantik yang kental akan nuansa Eropa klasik. Selain itu, ada juga tempat-tempat anti mainstream lain seperti Museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, Museum Transportasi, Museum Industri, Garden Retro Paradise dan Kids Town. 

De Tjolomadoe

Sumber: https://www.constructionplusasia.com/
 
Jika Pabrik Gula Gembongan diubah sedemikian rupa hingga menciptakan tempat yang terlihat berbeda, tetapi De Tjolomadoe justru sebaliknya. Meski direvitalisasi menjadi tempat wisata namun masih mempertahankan sebagian besar bentuk aslinya. Mesin-mesin besar untuk memproduksi gula di masa lalu masih dipertahankan untuk memberikan nuansa pabrik gula yang sebenarnya. Jadi selain mendapatkan tempat yang cantik dan instagramable, Anda pun bisa belajar mengenai sejarah perkebunan gula di tanah air. 

Tumurun Private Museum

Sumber: https://www.suara.com/
 
Temukan instalasi seni bergaya modern dan kontemporer dengan hasil karya yang unik di Tumurun Private Museum. Karya seni di museum ini bernilai tinggi karena dibuat oleh seniman-seniman ternama dan melegenda. Sebut saja Raden Saleh, Hendra Gunawan, Basoeki Abdullah, Affandi, hingga Wedhar Riyadi, Heri Dono, Eko Nugroho dan Eddy Santoso. Masuk ke museum ini tidak dikenakan biaya sepeser pun, namun Anda harus mendaftar terlebih dahulu karena pengunjung yang bisa masuk masih dibatasi. 

Sepur Kluthuk Jaladara

Sumber: https://www.jalajahnusae.com/
 
Hanya di Solo Anda bisa berkeliling kota sambil menaiki kereta uap jadul. Kereta ini bernama Sepur Kluthuk (kereta uap) Jaladara yakni kereta produksi tahun 1896 yang ditarik oleh lokomotif uap buatan Jerman berbahan kayu jati asli. Perjalanan kereta uap ini dimulai dari stasiun Purwosari sampai stasiun Sangkrah. Dalam perjalanan selama 2,5 jam Anda akan diajak berkunjung ke beberapa tempat menarik di Solo. Selain itu, nikmati pula pertunjukan musik dan sajian jamu tradisional di dalam kereta.

Koridor Singosaren/Koridor Gatsu

Sumber: https://www.antarafoto.com/
 
Dinding-dinding penuh mural yang menjadi spot foto instagramable tidak hanya ditemui di luar negeri saja. Solo juga punya tempat sejenis itu yang berada di Jalan Gatot Subroto (Gatsu). Ada sekitar 40 bangunan pertokoan yang tembok atau pintunya dilukis mural. Ini merupakan hasil karya dari 100 muralis asal Solo dari 20 komunitas berbeda. Selain mural-mural ini, di malam hari biasanya dihelat pertunjukan musik jalanan yang semakin menghangatkan suasana. 

Dam Colo

Sumber: https://travel.tribunnews.com/
 
Bendungan yang satu ini tidak hanya berfungsi sebagai penahan laju air tetapi juga sebagai tempat wisata instagramable. Yup, ketika air bendungan sedang kering Anda bisa melihat beton pemecah arus berbentuk segi empat yang disusun simetris bak sebuah karya seni. Beton-beton inilah yang kemudian dimanfaatkan warga sekitar atau bahkan wisatawan sebagai spot foto yang instagramable. 

Transformer Park

Sumber: https://www.hipwee.com/
 
Transformer Park sebenarnya adalah lokasi pembuangan dumptruck tua yang dahulu difungsikan pada saat pembangunan Bengawan Solo. Isinya adalah truk-truk berkarat yang tampak tidak dirawat. Namun kumpulan ini justru bisa menjadi latar foto yang instagramable. 

 
Itu tadi beberapa tempat unik dan anti mainstream di Solo yang membuat wisata Anda berbeda dari biasanya. Untuk info pariwisata lainnya, klik di sini

0 komentar:

Posting Komentar