Dapatkan Mobil Dp 5 Juta, berikut Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Bekas

Dapatkan Mobil Dp 5 Juta, berikut Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Bekas

Kebutuhan akan transportasi membuat beberapa orang berupaya untuk dapat memiliki kendaraan pribadi, terutama mobil. Namun, tidak semua orang mampu membeli kendaraan beroda empat tersebut karena harganya yang cukup mahal. Maka, membeli yang bekas pun menjadi solusinya, dan mobil dp 5 juta akhirnya bisa anda dapatkan. Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum kredit mobil bekas. simak ulasan lengkapnya.
 

Hal Penting yang Harus Dipikirkan Sebelum Kredit Mobil Bekas

1. Pilihan Penyedia Kredit

Terdapat dua pilihan yang bisa anda pilih untuk melakukan kredit mobil bekas, yaitu melaui bank ataupun leasing. Jika anda memilih melakukan kredit pada leasing atau lembaga pembiayaan akan lebih cepat jika dibandingkan dengan bank. Apalagi jika leasing tersebut memiliki hubungan langsung dengan suatu dealer mobil. Anda dapat langsung mendapatkan semua informasi seputar kredit mobil dari dealernya, tanpa perlu pulang pergi ke bank.

Namun pelayanan kredit melalui leasing bukan berarti tanpa kelemahan. Pasalnya, suku bunga kreditnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bank. Belum lagi dengan beban cicilannya, ada kemungkinan mobil anda diambil pihak leasing apabila sewaktu-waktu anda telat membayar. Berbeda dengan bank yang lebih fleksibel dalam hal negosiasi jika anda belum mampu membayar cicilan.

2. Tentukan Jenis Mobil

Jika anda ingin mendapatkan mobil dp 5 juta yang biayanya tidak memberatkan, maka anda perlu mempertimbangkan jenis mobil. Hal ini juga dilakukan agar kendaraan roda empat yang dibeli nantinya memberikan manfaat yang optimal bagi anda serta keluarga. Mobil tipe hatchback atau sedan cocok dipilih bagi anda yang masih single. Sedangkan untuk anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, lebih baik memilih jenis mobil yang lebih besar seperti SUV kecil atau MPV.

3. Jangka Waktu Kredit dan Besar Suku Bunga

Jangka waktu kredit mobil bekas yang akan anda lakukan perlu sekali untuk diperhitungkan dengan matang. Karena hal ini akan mempengaruhi besarnya cicilan yang harus anda siapkan setiap bulan. Umumnya, ada yang menawarkan jangka waktu 1, 3, hingga 5 tahun. Namun sebaiknya pilih yang jangka waktunya tidak terlalu singkat, karena cicilannya pasti menjadi lebih besar. Hindari juga jangka waktu yang terlalu lama, karena suku bunganya akan lebih banyak.

Pastikan mobil dp 5 juta yang akan anda miliki sudah diperhitungkan besar suku bunganya. Karena hal ini juga akan berpengaruh terhadap besarnya cicilan. Bunga cicilan kredit mobil bekas biasanya mencapai 9 persen pertahunnya. Namun bisa kurang dari angka tersebut pada perusahaan yang baik dan mapan keuangannya, sehingga tanggungan cicilan anda pun bisa lebih ringan.

4. Interior dan Eksterior Mobil

Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum membeli mobil baik yang baru maupun bekas, akan menghindarkan anda dari risiko kerugian dan kerusakan di kemudian hari. Teliti kembali interior dan eksterior dari mobil, seperti jok, bagasi mobil, kondisi ban, lampu serta kaca, dan body mobil. Performa mesin pun juga sangat perlu untuk diperiksa dan dipastikan dalam keadaan baik.

5. Kelengkapan Surat

Terakhir, sebelum membawa pulang mobil dp 5 juta yang anda kredit, tentu anda perlu meminta bukti kelengkapan suratnya. Seperti STNKM BPKB, serta buku service sebagai rekam jejak dan informasi dari pemilik sebelumnya. Anda harus cukup teliti dalam memperhatikan keaslian dari dokumen-dokumen tersebut. Karena hal ini akan memudahkan anda dalam proses balik nama dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips atau hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas. Anda pun juga dapat meminta melakukan test drive terlebih dahulu, agar dapat memastikan bahwa mobil tersebut masih nyaman digunakan. Dengan menjadi pembeli yang teliti, anda dapat menghindari risiko mengalami kerugian di kemudian hari. Untuk tips dan informasi lebih lengkapnya bisa anda temukan di website edwardbaskett.com.

0 komentar:

Posting Komentar